Tips Merawat Tanaman Hias Anggrek di Rumah

March 13, 2017 No Comments

Merawat Tanaman Hias Anggrek – Anggrek, siapa yang tidak suka dengan keindahan bunganya? Jenis bunga yang sangat identik dengan negara kita ini, sudah amat dikenal sebagai salah satu bunga terindah di dunia.

Dan seperti juga saya, pastilah kebanyakan wanita sangat menyukai anggrek, dan memiliki keinginan untuk menanam dan memilikinya di rumah.

Awalnya saya berpikir, merawat tanaman hias Anggrek itu pastilah tak mudah dan butuh penanganan yang ekstra. Apalagi jika kita berharap agar bunga anggrek yang kita tanam akan rajin berbunga tiap waktu.

Namun ternyata, setelah beberapa kali ber-trial error menanam anggrek, saya jadi tau bagaimana cara agar tanaman anggrek yang kita tanam di rumah bisa tumbuh dengan baik, subur dan rutin berbunga.
merawat-tanaman-hias-anggrek
Nah, melalui tulisan saya kali ini, saya akan bagikan info dan tips untuk teman-teman semua, tentang cara merawat tanaman anggrek di rumah agar bisa tumbuh dengan baik dan rajin berbunga.

Sebenarnya menanam anggrek itu tidaklah sesulit kelihatannya. Sekarang ini sangat mudah untuk kita mendapatkan bibit anggrek beserta media tanam, pupuk, bahkan tata cara perawatannya.

Tinggal ketelatenan kita memelihara dan merawat tanaman hias anggrek ini sehingga bisa tumbuh subur dan berbunga.

Cara Praktis Merawat Tanaman Hias Anggrek

Tips dari saya yang pertama untuk merawat tanaman anggrek dengan mudah di rumah, dimulai sejak tahap pemilihan bibitnya. Sebaiknya, carilah bibit bunga unggulan dari jenis anggrek yang teman-teman pilih.

Informasi tentang bibit unggulan ini bisa didapatkan dari para pengrajin tanaman hias anggrek atau para pecinta anggrek, sehingga bibit yang kita peroleh benar-benar bibit yang berkualitas.

Ada baiknya juga, teman-teman memilih bibit anggrek yang pernah berkembang sebelumnya. Untuk salah satu Tanaman anggrek tersebut, kemungkinannya berbunga lagi pada waktu yang cukup cepat.

Tips yang selanjutnya, adalah media tanam yang digunakan. Karena anggrek suka tempat yang sejuk untuk tumbuh, sebaiknya pilih media tanam yang cepat menyerap air, seperti sabut kelapa yang dicampur dengan styrofoam.

Lebih bagus lagi tambahkan juga serat kayu. Media tanam ini sangat mudah menyerap dan mengalirkan air, dan mampu menjaga tempat tumbuh anggrek tetap sejuk.

Tips ketiga, gantunglah tanaman anggrek yang kita tanam. Atau dapat juga diletakkan di rak tanaman yang posisinya tinggi.

Fungsi dari menggantung tanaman ini adalah agar air yang kita siram ke tanaman anggrek bisa tetap mengalir dan tidak menggenang sehingga akar anggrek tidak menjadi busuk.

Tips keempat, cukup siram tanaman anggrek 1-2 kali sehari. Menyiram anggrek terlalu sering justru akan membahayakan pertumbuhan tanaman ini karena akar anggrek mudah membusuk dan rusak jika kondisi disekitarnya terlalu basah.

Begitupun jika ada air yang menggenang di bagian tanaman seperti daun dan batangnya, sebaiknya segera keringkan agar daun tidak menjadi kuning dan busuk.

Tips yang terakhir, upayakan agar tanaman anggrek bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Jika anggrek tumbuh di dalam rumah, upayakan untuk tetap memberikan kesempatan anggrek terpapar sinar matahari, misalnya dengan meletakkan tanaman di dekat jendela di tiap pagi atau sore hari.

Nah teman-teman, demikian tips merawat tanaman hias anggrek agar tumbuh subur dan rajin berbunga. Semoga bisa menginspirasi teman-teman semua. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *