6 Alternatif Kanopi Dengan Tanaman Rambat High Class

June 27, 2017 No Comments

Banyak pilihan yang bisa dijadikan untuk  kanopi. Seperti polikarbonat, kayu, atau pun menggunakan tanaman merambat untuk kanopi. lalu manakah yang terbaik?

Kanopi akan terlihat lebih asri jika kanopi berupa tanaman hijau dengan bunga cantik berwarna-warni? Pun jika tanaman itu berbuah kian menambah kenikmatan. Memiliki kanopi yang teduh juga memiliki bahan makanan berlebih.

2

Tak semua jenis tanaman rambat bisa ditanam untuk dijadikan kanopi. Misal buah-buahan seperti melon, semangka, labu kuning pasti tidak pas karena buah yang sangat besar.

Berikut adalah berabagai tanaman rambat yang bisa dijadikan alternatif kanopi.

Tanaman Rambat Berbunga Untuk Kanopi

Beberapa jenis tanaman merambat untuk kanopi depan rumah bisa kamu pilih, diantaranya:

  1. Mandeliva

Mandeliva sangat cocok jika Anda suka dengan bunga. Apalagi pertumbuhan Mandeliva terbilang cepat dan tahan dengan panas.

Yang membuat hati kian senang adalah Mandeliva memiliki varian warna bunga yakni merah, putih dan merah muda.

  1. Alamanda

Tanaman rambat berbunga yang satu ini cocok untuk dijadikan kanopi karena pertumbuhannya yang merambat ke atas dan hanya menyisakan batang tak berdaun di bagian bawah. Bunganya berwarna kuning dengan kuncup ke bawah.

  1. Thunbergia

Warna ungu dan putih terlihat menyenangkan untuk menghalau matahari. Apalagi harganya yang murah sekitar Rp30.000,00 untuk ukuran 1-1,5 meter membuat Thunbergia patut untuk diperhitungkan sebagai alternatif kanopi Anda.

  1. Ipomea

Ipomea merupakan tumbuhan yang merambat secara vertikal sehingga bisa menutupi kanopi Anda dengan sempurna. Apalagi dengan bunga warna ungu dan putih yang juga menyejukkan jiwa.

  1. Buah

Anggur, markisa, coccinia, dan buah naga bisa menjadi alternatif kanopi Anda. Perawatannya pun berbeda-beda. Meski begitu hal yang sama akan Anda dapatkan adalah keteduhan dan kesejukan saat tanaman ini tumbuh serta kesegeran saat buah-buah ini menyentuh lidah.

3Markisa menjadi tanaman yang agak sulit perawatannya karena markisa bercabang kayu. Perlu usaha ekstra agar kanopi terlihat seperti yang Anda impikan.

Seperti pemangkasan cabang yang keluar dari jalur dan mengembalikan pada jalur yang diinginkan. Tapi kelelahan dan usaha akan terbayar saat markissa sudah berbuah, bukan?

Buah naga cocok untuk dijadikan kanopi jika Anda tidak memiliki waktu untuk merawatnya. Perawatan buah naga sangat minim.

Media tanam yang dibutuhkan berupa pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1.

  1. Sayur-sayuran

Pare, kacang-kacangan, oyong, labu siam bisa menjadi pilihan Anda untuk dijadikan kanopi. Apalagi pertumbuhannya yang cepat membuat Anda tak susah mencari sayur untuk dimasak.

Menyenangkan bukan memasak sayur dari jerih payah sendiri? Membuat masakan yang dihidangkan kian sedap.

Seperti halnya tanaman biasa, tanaman rambat yang dijadikan kanopi juga bisa mendatangkan serangga.

Perlu diperhatikan juga kesehatan tanaman agar niat awal untuk menjadikan tanaman merambat untuk kanopi tak berubah menjadi sarang serangga atau ulat bulu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *