4 Ide Desain Rumah dengan Tanaman Merambat

May 23, 2017 No Comments

Punya ide buat rumah besar? tentu sudah biasa, tapi sudahkah punya ide desain rumah dengan tanaman merambat di depanya? Barangkali masih jarang yang melakukanya. Jadi mari kita ulas sejuta ide-ide cemerlangnya.

Zaman sekarang memiliki rumah dengan halaman depan rumah yang luas adalah hal yang langka.  Apalagi bagi pasangan muda yang baru menikah dan  ingin memiliki hunian dari hasil tabungan pribadi.

Sangat sulit mendapatkan rumah dan halaman yang luas kecuali jika memang dari keluarga tajir melintir. Tapi tak perlu risau untuk memiliki hunian yang nyaman, asri, sejuk dan indah dengan luas tanah seadanya.

Untuk memiliki rumah yang asri, sejuk, dan indah, berbagai jenis tanaman adalah ide desain rumah dengan tanaman merambat. Meski tak memiliki tanah luas, vertical garden  bisa menjadi solusinya.

Akan kian menarik jika ditambah dengan bebatuan sebagai akses jalan atau gemericik air di luar pagar untuk kesan menyegarkan.

Pilihan Ide Desain Rumah dengan Tanaman Merambat

Berikut adalah ide desain rumah dengan tanaman merambat yang bisa Anda coba untuk mendapatkan hunian yang asri, sejuk, dan segar.

  1. Pagar

Pagar yang hanya berupa besi atau kayu saja terkadang terlihat membosankan. Bahkan tak segar untuk dilihat. Anda bisa menambahkan tanaman rambat sebagai pemanisnya.

Selain manis tanaman rambat ini bisa membuat Anda teringat cerita dongeng atau barbie. Rumah mungil yang manis dengan gapura berhias bunga warna-warni. Anda bisa memilih tanaman morning glory.

2Tak hanya memberi kesan manis pada bunganya yang berwarna biru tapi juga bisa memberikan aroma wewangian di pagi hari. Selain itu Anda juga bisa memilih tanaman merambat lain sebagai ide desain rumah dengan tanaman merambat.

Seperti sirih merah, bunga clementis, daun dolar, air mata pengantin, petrea volubilis yang berbunga ungu kebiruan, wisteria yang berbunga putih keunguan yang menggerombol seperti salju membuat kesan eksklusif pada pagar atau tanaman rambat lain yang menarik minat Anda.

  1. Jalan menuju pintu rumah

Jalan setapak menuju pintu rumah meski hanya sebentar akan memberi kesan menyenangkan saat bisa melihat ke kiri dan kanan berupa tanaman atau menatap ke atas dengan keteduhan.

Anda bisa memberi semacam tiang-tiang tanpa atap. Atapnya bisa Anda ganti dengan tanaman rambat yang bisa memberikan keteduhan. Misalnya, seperti jalaran api, anggur, markisa atau tanaman rambat lain.

  1. Secondary Skin

Indonesia dengan iklim tropisnya tak jarang membuat sinar matahari masuk ke rumah. Cahayanya sering menyilaukan mata. Untuk itulah banyak orang membuat secondary skin agar teduh.

Banyak bahan yang bisa dijadikan sebagai secondary skin, tapi jika hanya untuk menghalau panas dan sinar mentari kenapa tak mencoba tanaman rambat saja?

Selain asri dan memberikan kesejukan tentunya bisa mengurangi polusi udara. Banyak tanaman rambat yang bisa dijadikan pilihan.

Seperti tanaman rambat berbunga (Mandeliva, Thunbergia, Alamanda, Ipomea), buah (markisa, anggur, buah naga dan coccinia) dan sayur (pare, ketela, kacang-kacangan, labu siam dan oyong)

  1. Dinding luar rumah

Santai bersama keluarga sambil minum teh di sore hari atau minggu pagi akan menyenangkan sambil melihat hijaunya dedaunan dan warna-warni bunga.

Meski tak memiliki tanah yang luas, Anda bisa menyulap dinding samping rumah sebagai vertical garden.

Tanaman rambat yang bisa Anda pilih antara lain sirih yang bisa dikombinasikan dengan dinding berarna hijau atau merah, melati costa yang berwarna ungu lalu berubah putih cocok untuk diletakkan di dekat pintu dan jendela.

Nah itulah beberapa ide desain rumah dengan tanaman merambat yang bisa anda pilih. Tapi tetap ya, jaga kebersihan dan merawatnya selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *