5 Cara Merawat Tanaman Hias Merambat Agar Tetap Sehat

December 9, 2017 Comments Off on 5 Cara Merawat Tanaman Hias Merambat Agar Tetap Sehat

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk cara merawat tanaman hias yang merambat. mudah memang sebenarnya, tetapi bagaimana dengan jenis tanaman merambat yang ada pada vertikal garden taman perkotaan?

Vertical garden merupakan taman yang sering dimiliki oleh masyarakat perkotaan. Hal tersebut dikarenakan luas tanah yang tak memungkinkan untuk dijadikan taman.

Selain itu vertical garden juga menjadi pilihan yang artistik untuk menghias dinding atau pagar. Tanaman yang ditanam pada kebun jenis ini umumnya adalah tanaman hias yang merambat.

1

Jangan sampai niat untuk memperindah dinding atau pagar malah berubah menjadi bencana.

Seperti tanaman rambat yang layu bahkan mati atau dinding hanya dijadikan sarang serangga. Seperti halnya dengan tanaman lain, tanaman rambat juga perlu disiram, diberi pupuk, dan terkena terpaan matahari.

5 Cara Merawat Tanaman Hias Yang Merambat

Berikut adalah cara merawat tanaman hias yang merambat agar tetap sehat dan indah di pandang:

  1. Siram dan beri pupuk secara berkala

Sama seperti tumbuhan lain, tanaman berkala juga membutuhkan air sebagai makanannya. Juga memerlukan pupuk sebagai nutrisi.

Setiap tanaman rambat memiliki karakteristik berbeda dalam penyiraman dan pemberian pupuk.

Tanyakan terlebih dahulu kepada penjual tentang intensitas penyiraman dan pemberian pupuk sebelum memutuskan untuk menanam tanaman rambat agar tanaman yang Anda pilih tak layu atau mati karena kekurangan air dan pupuk.

  1. Pangkas kalau sudah waktunya di potong

Ada beberapa tumbuhan merambat yang bertumbuh sangat cepat dan lebat. Tentu jika terlalu rimbun membuat tak nyaman dan terlihat sesak.

Maka dari itu Anda dianjurkan untuk memangkas secara berkala. Dalam memangkas pun perlu teknis agar tanaman rambat tetap tumbuh.

Pangkaslah dari samping dan jangan di batang utama. Selain membuat ramping, pemangkasan juga bertujuan untuk mengarahkan tanaman rambat untuk tumbuh ke arah mana.

  1. Jauhkan dari jangkauan anak –anak

Tidak selamanya dilakukan. Hanya pada awal penanaman sangat penting untuk menjauhkan tanaman rambat dari gangguan anak-anak.

Karena akar dari tanaman rambat ini belum kuat menancap di tanah sehingga bisa saja tercabut saat anak-anak berebut memegangnya.

  1. Perhatikan media tanam

Jangan asal tanam. Tak semua tanaman rambat bisa hidup dengan media tanah. Ada yang bisa hidup dengan pasir atau media tanam yang lain.

Karena tanaman rambat mudah terserang penyakit yang bersumber dari tanah. Dianjurkan untuk menggunakan media tanam cocopeat. Karena media yang ini bisa diandalkan agar tanaman rambat tetap sehat.

  1. Semprot insektisida

Meski masih dilematis penggunaanya, terkadang menyemprot menggunakan insektisida itu dibutuhkan. Tanaman rambat yang berupa bunga, buah atau sayur sangat rentan untuk didekati serangga.

Oleh karena itu, agar dinding, pagar, atau kanopi Anda tidak berubah menjadi sarang serangga semprotlah dengan insektisida secara berkala.

Tentu akan menjadi hal yang menyenangkan saat pulang ke rumah dengan melihat hijaunya daun, warna-warni bunga dan segarnya buah dalam keadaan sehat. Selamat merawat tanaman rambat!